David Gaider, mantan penulis utama Dragon Age, baru-baru ini buka suara soal kesuksesan game RPG seperti Baldur’s Gate 3 dan Clair Obscur: Expedition 33. Menurut dia, dua game itu bukti kuat bahwa RPG bisa sukses besar, asal diberi waktu matang dan dibuat dengan cinta ke genre-nya.

“Game ini kuat banget nariknya ke satu jenis pemain, tapi karena kualitasnya, audiensnya malah makin luas,” ujar Gaider.

🔥 RPG Gak Harus Massal, Tapi Harus Total

Gaider gak bilang JRPG sekarang jelek. Dia justru kagum karena Expedition 33 bisa bikin genre turn-based jadi menarik lagi bahkan buat orang yang biasanya ogah main model begituan.

Mirip kayak Baldur’s Gate 3 yang awalnya cuma buat fans CRPG berat, tapi akhirnya viral banget dan disukai banyak pemain baru. Kuncinya? Game-nya bagus banget, jadi gak masalah mau dari genre apapun.

💸 Dulu Publisher Skeptis, Sekarang Terbukti Salah

Waktu Gaider masih di EA, banyak diskusi internal soal “seberapa besar sih pasar RPG?”. Katanya, dulu banyak yang percaya RPG mentok di 5 juta pemain. Tapi lihat BG3, laris gila.

“Itu bukti kalau RPG bisa jauh lebih besar dari yang dipikirin publisher. Asal game-nya bagus dan diberi waktu buat berkembang,” katanya.

BG3 sukses karena dapat waktu panjang di Early Access. Feedback pemain diproses serius, bukan buru-buru rilis kayak banyak game sekarang. Dan Expedition 33 juga nunjukin, dengan pendekatan yang tepat, genre niche bisa tumbuh besar.

🤔 Masalah Publisher: Mau Aman, Tapi Kadang Malah Hambat Potensi

Gaider ngerti kenapa publisher suka main aman. Mereka di bawah tekanan angka dan kejar untung. Tapi, kalau terlalu takut ambil risiko, game bisa kehilangan jiwanya.

“Mereka cari mass appeal. Tapi kadang, justru dengan menargetkan audiens spesifik secara total, game itu bisa tumbuh lebih besar. Ini yang sering mereka lewatkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending